Buku Tamu, leave your comment here!!

Senin, 25 April 2011

Hindari Keropos Tulang Lebih Dini

Jakarta, KCM

Osteoporosis, atau acap disebut dengan pengeroposan tulang adalah kondisi dimana tulang belulang kehilangan mineral dan menjadi semakin lemah secara perlahan-lahan. Bila Anda gemar minum susu sejak kecil dan senang berolahraga, rangka Anda mungkin terbentuk dari tulang belulang yang baik dan sehat.

Ketika muda bisa saja Anda terlihat gagah, tegap dengan tulang belulang yang kokoh, tapi bila Anda tidak rajin mengkonsumsi vitamin D maka bisa dipastikan setelah lanjut, yang tampak adalah sosok kakek bungkuk yang loyo atau manusia tua yang sering mengalami patah tulang dan sulit disembuhkan. Bila ini terjadi, maka masa tua adalah sebuah perjalanan penuh siksaan.

Semua orang pasti kehilangan sebagian tulang mereka seiring dengan pertambahan usia. Ini proses yang wajar. Bila sejak awal tulang Anda dalam kondisi baik, Anda tidak akan terlalu menderita, tetapi bila menderita osteoporosis, tulang-tulang akan menipis dalam hitungan waktu yang lebih cepat, menjadi keropos, getas dan mudah pecah. Anda akan takut sekali terjatuh, karena cedera pada tulang akan sulit disembuhkan.

Penyebab paling besar adalah asupan kalsium terlalu rendah, padahal mineral ini vital bagi bangunan tulang. Faktor lain, berhubungan dengan pola makan atau kekurangan vitamin D, yang sangat penting untuk kesehatan tulang karena vitamin ini membantu tubuh menyerap kalsium.

Namun, asupan makanan yang baik tersebut harus tetap diimbangi dengan melakukan olahraga yang tepat, mencakup olahraga mengangkat beban. Kalau tidak, tulang Anda tetap saja masih bisa keropos dan mudah patah. Kebiasaan merokok berat atau minum alkohol berlebihan juga menjadi penyebab osteoporosis.

Jenis Makanan yang Dianjurkan

Susu dan produk-produk dari susu. National Osteoporosis Foundation menganjurkan Anda mengkonsumsi 1000 miligram kalsium setiap hari. Produk-produk susu merupakan produk yang amat kaya kalsium dan lebih mudah diserap tubuh. Andalkan haisl-hasil olahan susu untuk mencapai masukan kalsium yang disarankan untuk Anda. Contoh: yogurt, susu skim, mentega dari susu susu segar dan keju.
Ikan yang Tulang-Tulangnya Dapat Dimakan, merupakan sumber-sumber yang baik untuk kalsium. Contoh: Sarden dan ikan Salmon kalengan, sekaligus dengan tulang-tulangnya.
Daun-daunan Hijau dan Buah Polong, juga mengandung kalsium cukup tinggi. Tetapi Anda harus memakannya dalam jumlah banyak sekali untuk memenuhi tingkat kalsium harian sebesar 1000 mg. Masuk dalam golongan ini antara lain kangkung, brokoli, kacang merah dan mustard hijau. Bayam, mengandung asam oksalat dalam jumlah besar sehingga membuat kalsiumnya tidak dapat tersedia bagi tubuh, sementara daging mengandung kalsium dalam jumlah kecil.
Hal-hal yang harus diperhatikan

Hati-hati dengan Alkohol. "Alkohol sesungguhnya meracuni sel-sel yang membangun tulang," kata Susan Allen, M.D, Ph.D profesor di University of Missouri-Columbia Scholl Medicine. Segelas bir atau segelas anggur sesekali mungkin tidak begitu merugikan, akan tetapi hindari minum berlebihan, jangan lebih dari dua atau tiga takar dalam sehari.
Berhenti Merokok. Risiko osteoporosis menjadi dua kali lipat pada pria perokok, kata Catherine Niewoehne, MD, profesor di University of Minnesota di Minneapolis. Perokok cenderung menjadi kurus, dan orang kurus lebih berisiko menderita osteoporosis, katanya. Peneliti juga berteori bahwa hormon testosteron mungkin melindungi pria dari osteoporosis, sebagaimana estrogen melindungi wanita , dan pria perokok bisa kehilangan testosteron lebih banyak ketika usia bertambah dibanding pria bukan perokok. Maka demi hari tua Anda yang lebih indah, berhentilah merokok.(zrp)

0 komentar:

Posting Komentar

Bagi Para Pengunjung yang tidak memiliki account di mana pun, baik itu di google, wordpress atau yang lainnya, silahkan pilih ANONYMOUS untuk memberi komentar, harap menyertakan nama atau email! Thanks....

COMMENTS

free counters

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More